Call: 0123456789 | Email: info@example.com

Just another Desa Bondowoso Sites site

Meningkatkan Motivasi Belajar Anak


Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

 

MOTIVASI PENDIDIKAN
Perpustakaan Keliling dari dinas perpustakaan dan kearsipan Bondowoso

Desa Kembang, Kecamatan Bondowoso terdiri atas empat dusun yakni, dusun Sekolahan ; dusun Jeruk ; dusun Keseran ; dan dusun Lumbung. Dari beberapa dusun tersebut ternyata masih dijumpai anak-anak atau remaja yang putus sekolah. Berdasarkan hal tersebut Mahasiswa KKN UMD 31 menggelar kegiatan motivasi belajar dengan sasaran anak-anak SD dan SMP Sederajat, beserta orang tua murid. Pemberian Motivasi belajar dibagi menjadi dua yakni, bagi orang tua yang dilaksanakan pada hari sabtu 29 juli 2017, sedangkan untuk anak-anak dilaksanakan pada hari Minggu 30 juli 2017.

Motivasi belajar pada hari sabtu dihadiri oleh orang tua murid yang berasal dari dusun lumbung dan keseran. Acara diselenggarakan di Balaidesa Kembang pada pagi hari dipandu oleh Bapak Daris Wibisono yang merupakan Kepala Sekolah SMK NU Tenggarang. Beliau banyak menyampaikan pengalaman ketika masih berada di bangku sekolah hingga perguruan tinggi dimana “kendala ekonomi bukanlah halangan untuk terus belajar, Justru sebaliknya kesulitan ekonomi dijadikan sebagai spirit untuk terus survive dan melanjutkan pendidikan “ ucap Daris .“Pendidikan merupakan alat untuk memutus mata rantai kemiskinan” Lanjut Daris. Tujuan kegiatan pada hari sabtu ialah memberikan pemahaman bagi orang tua murid supaya terus memberikan pendampingan dan semangat belajar kepada anak-anaknya.

Kemudian pada hari Minggu giliran anak-anak SD dan SMP sederajat yang mendapatkan Motivasi Belajar, Beberapa orang tua murid juga turut hadir kala itu. Kami mengundang Bapak Putut Rijatmiko dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso sebagai Narasumber. Beliau mengajak anak-anak untuk meyakini mimpi atau cita-cita yang diinginkan. “Untuk mencapai cita-cita yang diinginkan seseorang harus berpegang pada tiga hal, yakni Usaha, Doa, dan Tawakkal”, ucap Putut. Dalam kegiatan ini juga melibatkan pihak Perpustakaan Daerah Bondowoso yang bersedia menerjunkan mobil perpustakaan keliling. Tujuannya ialah untuk meningkatkan semangat membaca bagi anak-anak. Untuk mencairkan suasana juga diselipkan permainan yang menguji fokus dan kecepatan berfikir anak-anak. Acara pemberian motivasi belajar ditutup dengan doa bersama.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Calendar

December 2018
M T W T F S S
« Sep    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
Skip to toolbar