Call: 0123456789 | Email: info@example.com

Just another Desa Bondowoso Sites site

Lembaga

Pada era sekarang ini, satu hal yang harus dikembangkan bersama yakni partisipasi masyarakat pada segenap produk kebijakan pembangunan di desa. Kebijakan-kebijakan tersebut dirumuskan melalui keputusan yang dibuat dalam musyawarah desa. Disinilah proses pelembagaan masyarakat terbentuk dengan kapasitas perwakilan unsur masyarakat.

Kelembagaan yang melaksanakan musyawarah di desa Kembang adalah BPD yang difasilitasi oleh pemerintah desa. Musyawarah diikuti oleh pemerintah desa, BPD dan tokoh masyarakat. Hasil musyawarah berupa berbagai keputusan desa yang berdampak bagi kehidupan masyarakat Desa Kembang. Adapun lembaga di Desa Kembang :

A.Pemerintah Desa : 11 orang

B. Badan Permusyawaratan Desa           : 11 orang

C. Lembaga Kemasyarakatan, antara lain:

  1. LPMD
  2. RT, RW
  3. PKK
  4. Karang Taruna
  5. Kelompok Tani dan Gapoktan
  6. Dasa Wisma
  7. Posyandu
  8. HIPPA
  9. TPK, KPMD, Tim Pemelihara, Tim Monitoring.

D.Lembaga Ekonomi, antara lain:

  1. Industri kerajinan                               :    3 unit
  2. Industri makanan                               :    5 unit
  3. Industri bahan bangunan                  :    1 unit
  4. Warung                                                  :   15 unit
  5. Usaha masyarakat pemelihara sapi : 511 orang
  6. Kelompok SPP                                      :     2 unit
  7. Industri Jasa angkutan                       :     5 unit
  8. Kios Pupuk                                            :     1 unit

 

Pelibatan kelembagaan yang ada bisa menjadi media komunikasi antar masyarakat dan pejabat desa, dimana pemerintah desa bisa mensosialisasikan dan menjaring aspirasi rakyat sebagai bahan kebijakan desa. Selain itu sangat penting membuka ruang bagi perempuan dengan mengakomodasi kebutuhan partisipasi perempuan dalam kebijakan APBDesa (kebutuhan berperspektif gender)’

Partisipasi masyarakat ekonomi (usahawan) diharapkan dapat mewujudkan badan usaha yang memperjuangkan kepentingan ekonomi warga melalui berbagai regulasi desa. Partisipasi usahawan dapat mendorong terwujudnya modal sosial, sehingga menggalang solidaritas sosial untuk belajar bersama membangun lembaga ekonomi desa.

Lembaga ekonomi di Desa Kembang terutama bergerak di bidang keuangan yaitu UPK dan Kopwan. Industri Kerajinan ada 3 (tiga) unit, Industri makanan 5(lima) unit, industri bangunan 1(satu) unit. Usaha Peternakan sapi, unggas ada 13 unit, usaha warung/ rumah makan ada 15 unit, angkutan penumpang maupun barang ada 5 unit,

Kegiatan ekonomi di Desa Kembang sebagian besar adalah pedagang kecil / pedagang keliling, karena keterbatasan permodalan serta kemampuan mengembangkan usaha masih rendah, akan tetapi sudah menjadi tugas para stakeholders untuk mencari solusi untuk meningkatkan lembaga-lembaga ekonomi yang sudah ada di Desa Kembang.

 

Skip to toolbar